TEBING TINGGI RAIH TERBAIK I PADA PENGHARGAAN PEMBANGUNAN DAERAH TAHUN 2019 TINGKAT SUMUT

0
129

Pemerintah Kota Tebing Tinggi menerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) terbaik I kategori Kota Tahun 2019 untuk tingkat Provinsi Sumatera Utara. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi kepada Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM pada Acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Provinsi Sumatera Utara yang diadakan di Hotel Santika Dyandra Medan, hari Jumat (12/04/2019).

Dalam sambutannya Gubsu menyampaikan ada beberapa program prioritas Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang harus segera dilaksanakan yaitu peningkatan kesempatan kerja dan penyediaan lapangan pekerjaan, peningkatan dalm bidang pendidikan, pembangunan infrastruktur yang baik, penyediaan layanan kesehatan yang menjangkau semua kalangan, peningkatan daya saing di sektor agraris dan sektor pariwisata.

Beliau juga bersyukur dan berterima kasih karena masih ada orang-orang yang mempunyai niat yang tulus dalam membangun Sumatera Utara. “Dalam Musrenbang walaupun rencananya tidak banyak tetapi yang paling penting harus dikerjakan dengan betul-betul, jangan asal jadi. Kalau dikelola dengan baik, maka Sumut ini bisa menjadi yang terbaik seperti Malaysia dan Singapura”, tegas beliau

Masih dalam kesempatan yang sama, Walikota Tebing Tinggi juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang sudah bersama-sama bahu-membahu bekerja keras sehingga Kota Tebing Tinggi bisa menjadi terbaik I dan mendapat PPD tersebut. Beliau berharap capaian itu dapat menjadi motivasi kepada Pemerintah Kota Tebing Tinggi agar dapat berbuat yang lebih baik lagi dalam meningkatkan pembangunan di Kota Tebing Tinggi. Disampaikan juga bahwa rencana pembangunan Kota Tebing Tinggi yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) telah disikronisasikan dengan rencana pembangunan Provinsi dan Pusat.

Sebelumnya diketahui pada bulan Februari 2019, tim penilai yang diketuai Josi Sukatno telah berkunjung ke Kota Tebing Tinggi. Dalam kunjungan tersebut tim penilai yang terdiri dari instansi pemerintah dan lembaga independen tersebut tidak hanya menerima laporan, tetapi lebih banyak menilai secara langsung. Salah satunya dengan cara berkunjung ke tiap-tiap OPD terutama untuk melihat bagaimana peran tiap-tiap OPD dalam bidang pelayanan publik.

Yang mana pada saat kunjungan tersebut, tim penilai mendapatkan penjelasan yang memuaskan, baik yang disampaikan oleh yang mewakili masyarakat maupun dari masing-masing Kepala OPD yang rata-rata memberikan penilaian sekitar 80 %. Adapun pertanyaan-pertanyaan yang diajukan seputar pelayanan di bidang pendidikan, kesehatan dan penanggulangan pengangguran beserta upaya-upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Tebing Tinggi.

Adapun daerah-daerah yang meraih PPD tahun 2019, untuk tingkat Kota terbaik I diraih Kota Tebing Tinggi, terbaik II diraih Kota Sibolga dan terbaik III diraih Kota Binjai. Sedangkan untuk tingkat Kabupaten, terbaik I diraih Kabupaten Padang Lawas Utara, terbaik II diraih Kabupaten Samosir dan terbaik III diraih Tapanuli Utara.